"Lailaa.. Lailaa.. Lailaa...

It's about having my mind busy with you
and no one else..."

Tips Mengetahui Potensi Diri

Ada banyak sekali kegiatan atau keahlian yang dimiliki oleh seseorang di dunia ini. Namun terkadang masih banyak juga orang yang merasa tidak percaya diri terhadap apa yang sudah ia miliki atau terhadap apa yang mereka bias lakukan untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain disekitarnya. Tanpa disadari apa yang telah seseorang lakukan itu merupakan potensi diri yang dimilikinya. Dan tidak semua orang bisa mengerti tentang potensi apa yang mereka miliki. Permasalahan yang paling pokok dan sering muncul dalam benak setiap orang adalah, "Dimana sih letak potensi diri tersebut dalam diri saya??". Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang sangat sensitive bagi setiap personal.

Bagaimana tidak, pertanyaan tersebut dapat sangat membantu seseorang untuk terus mencari dan menggali potensi yang ada dalam diri mereka sendiri. Tapi dilain sisi, pertanyaan tersebut dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang, sehingga seserorang tersebut merasa minder dengan apa yang ada dalam diri mereka sendiri.
Untuk mencegah terjadinya dampak negatif dari munculnya pertanyaan tadi saya akan mencoba memaparkan tentang bagaimana mengetahui dimana letak potensi dalam diri kita sendiri yang mungkin saja belum anda ketahui sama sekali.

Ada banyak hal yang kita lakukan setiap harinya. Dan banyak pula keahlian yang dimiliki seseorang. Namun hanya ada 1 yang merupakan sebuah keahlian yang bisa dibilang itu adalah potensi dalam diri seseorang tersebut. ada 5 hal pokok yang dapat mengidntifikasi potensi diri seseorang:

1. Terima kasih
kata ini sangat simple tetapi ini merupakan tahap awal yang bisa membantu dalam mengidentifikasi dimana letak potensi diri kita. maksudnya begini, pada saat anda telah melakukan hal apa yang bisa membuat seseorang mengucapkan kata terimakasih kepada anda.

2. Kata-kata sanjungan
Tahapan selajutnya adalah mengidentifikasi kata-kata sanjungan yang keluar dari seseorang yang telah anda bantu. sama seperti tahapan awal,kapan responder mengucapkan kata-kata sajungan terhadap anda. kata sanjngan bisa berupa kata wow, hebat, menakjubkan, dll.

3. Materi
Potensi diri anda juga bisa dilihat dari apa yang anda terima setelah anda melakukan sesuatu yang mungkin itu merupakan potensi yang ada dalam diri anda tersebut.

4. Hanya...
Tahapan selanjutnya adalah kata "hanya...". yaitu ketika responder mengatakan Hanya anda yang bisa setelah anda membantu menyelesaikan masalah responder.

5. Untung...
Tahapan ini merupakan hal yang penting untuk mengetahui dimana letak potensi yang ada dalam diri seseorang. Yaitu responder mengucapkan kalimat "Untung ada anda" setelah anda membantu menyelesaikan masalah responder pastinya.

Semua tahapan tersebut akan menjadi tolak ukur anda untuk mengetahui dimana letak potensi diri sendiri. ini mungkin saja akan anda terima, tetapi kembali kapada pribadi diri sendiri. apa anda dapat melakukan seseatu yang maksimal dalam membantu responder. cari, gali dan asahlah potensi yang ada didalam diri anda.

3 komentar:

Please be kind and polite to comment, et Merci pour commenter... :D